Jumat, 23 Desember 2011

Keren... Ada Taman Bacaan di Terminal Tegal

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Terminal Induk Tegal. Langkah ini sebagai salah satu upaya meningkatkan gerakan gemar membaca serta menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat.
Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ella Yulaelawati, mengatakan TBM yang diberi nama Sakila Kerti itu merupakan TBM yang terbilang luar biasa. Karena, TBM Sakila Kerti adalah TBM pertama di Indonesia yang lokasinya di terminal.
"TBM di ruang publik merupakan bagian dari gerakan memasyarakatkan membaca dan membacakan masyarakat. Untuk TBM di terminal, itu hanya ada di Kota Tegal,'' katanya. ''Sedangkan, TBM di ruang publik lainnya di Jawa Tengah berada di Stasiun Kroya, Kabupaten Cilacap.''
Keberadaan TBM di ruang terbuka diharapkan mampu mendorong masyarakat lebih gemar membaca. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh pengetahuan. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah TBM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tercatat 5.750 unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar